Pelaksanaan Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Poltekba 2016

prof-enosSeminar  Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Poltekba 2016 bertema  “Meningkatka Daya Saing Perguruan Tinggi dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)”.

Dihadiri dua keynote speaker,  yang pertama adalah  Prof  Dr. Enos Tangke Arung, phd dari fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman, dan  yang kedua adalah tim kolaborasi dari Manajemen Pertamina RU V Balikpapan yang diwakili oleh Ibu Nindra Sasmita, S.E ( HRD Pertamina RU V) dan Bpk Rano Pamungkas, ST ( Kilang Proses Pertamina RU V).

presentasi-rekayasa-1
Suasana Presentasi di Ruang Rekayasa 1

Dalam orasi ilmiahnya Prof Enos Tangke Arung memberikan informasi dan motivasi tentang bagaimana membangun kultur penelitian yang inovatif.  Dan juga tentang informasi skema- skema terbaru yang dikompetisikan oleh Dirjen Pengembangan dan Riset Kemenristek Dikti dan sistem luaran yang diharapkan dalam masing – masing skema tersebut .

pemberian-plakatTermasuk juga tips agar bisa lolos dan diterima papernya di jurnal – jurnal bereputasi  baik nasional maupun internasional.  Tip bagaimana melakukan penelusuran e-jurnal, memulai dan mengembangkan ide, hingga bagimana membangun research record sebagai seorang peneliti.

Ibu Ninda Sasmita selaku representasi HRD Pertamina RU V banyak memberikan informasi yang bermanfaat bagi para akademisi yang hadir tentang bagaimana pentingnya kualitas SDM yang diharapkan agar bisa memenuhi standar kualifikasi perekrutan SDM Pertamina.  Dan juga informasi tentang rencana pengembangan kilang Pertamina di Balikpapan yang akan memberikan efek domino tidak saja pada ekonomi nasional, tapi juga penyerapan tenaga kerja di wilayah Balikpapan.

Selain ajang sharing materi dari para keynote speaker, dalam  seminar tersebut dipresentasikan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat para dosen Poltekba tahun pendanaan 2016.  Prsentasi dibagi dalam tiga ruangan secara pararel, yakni 1) Rekayasa 1 (12 judul ), 2) Rekayasa 2 (12 judul ), dan 3) Sosial Humaniora (13 judul).

Seminar penelitian dan pengabdian masyarakat ini akan  menjadi ajang  rutin tahunan Politeknik Negeri Balikpapan yang dilaksanakan oleh unit P3M ( Pusat Penelitian dan Pengabdia Masyarakat). Dan tahun depan diharapkan sudah berstatus seminar nasional dengan melakukan call paper bagi para pelaksana penelitian dan pengabdian masyarakat diluar Poltekba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *