Program PKM Dosen Poltekba Bekali Pelajar SMKN 5 Balikpapan

BALIKPAPAN–Program pengabdian kepada masyarakat (PKM) Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) tahun 2023 dilakukan dengan menggelar pelatihan guna meningkatkan kompetensi pendukung serta memberikanbimbingan karir kepada siswa-siswi SMK Negeri 5 Balikpapan, pada Rabu (14/6).

Kegiatan yang berlangsung di ruang ruangan SMKN 5 Balikpapan, selain materi di dalam ruangan juga praktik di luar ruangan.

Terselenggaranya kegiatan ini didukung oleh kekompakan tim PKM yang meliputi dosen dan mahasiswa yaitu Yudi Kurniawan, Patria Rahmawati, Elisabeth Milaningrum, Zulkifli, Ni Kadek Megayanti dan mahasiswa Poltekba.

Acara pelatihan yang dibuka Ketua PKM Poltekba Yudi Kurniawan S.T M.T mengharapkan seluruh peserta dapat mengikuti acara dengan baik, sehingga para pelajar dapat memperoleh ilmu dan pengalaman yang sangat berharga.

“Tujuan kegiatan ini dilatarbelakangi untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi para pelajar yang akan berguna jika mereka akan melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya maupun ke dunia kerja,” tambah Yudi.

Pelatihan yang diberikan meliputi pelatihan bahasa Inggris dan K3 (fire fighting). Selain itu juga pembekalan bimbingan karir akan mampu mengarahkan mereka menuju jenjang selanjutnya menjadi tujuan kegiatan PKM ini.

Sebagaimana diketahui SMKN 5 Balikpapan memiliki 10 program keahlian, jadi sangat penting bagi seluruh pelajar untuk dapat menentukan langkah yang harus ditempuh sebelum mereka lulus sekolah.

“Bimbingan karir adalah upaya memperkenalkan pendidikan, memperkenalkan tentang dunia kerja, membantu mengetahui minat dan kemampuan, serta membantu dalam mengambil keputusan bagi pelajar kelas 11,” jelas Yudi.

Kegiatan ini merupakan pengalaman yang belum mereka peroleh sebelumnya, sehingga sangat membantu mereka dalam melanjutkan pendidikan maupun bekerja di dunia Industri. “Kegiatan PKM berjalan lancar, terlihat dari antusias seluruh peserta sangat luar biasa,” tambah Yudi.(***/han)

sumber : https://www.balpos.com/pendidikan/1793003028/PKM-Poltekba-Bekali-Pelajar-SMKN-5-Balikpapan