Dosen Poltekba Melaksanakan Bina Desa di Manggar

BALIKPAPAN– Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk Bina Desa di Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur. Yakni berupa pemasangan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) berbasis solar cell dan pemanfaatan teknik digital marketing untuk peningkatan potensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kegiatan Bina Desa ini sendiri melibatkan tim dosen dari berbagai keahlian, seperti Jurusan Rekayasa Elektro dan Jurusan Akuntansi yang diketuai oleh Maria Ulfah, S.T.,M.T. beranggotakan beberapa dosen di antaranya Andi Sri Irtawaty, S.T., M.Eng, Drs. Armin., M.T., Dessy Handa Sari, S.E.,M.M. dan l Nurul Musfirah Khairiyah, S.E., M.M serta dibantu oleh tim mahasiswa.

Kegiatan bina desa ini berlangsung lebih kurang berlangsung satu minggu, diawali dengan pemasangan 2 unit lampu penerangan jalan berbasis solar cell di RT 39 Kelurahan Manggar. “Kanapa wilayah ini dipilih, sebab RT 39 termasuk daerah yang masih memerlukan bantuan lampu penerangan jalan,” ujar Ketua Tim, Maria Ulfah.

Dengan menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi utamanya, Aki VRLA ter-charge otomatis pada saat siang hari melalui panel surya yang terhubung dengan solar charge controller. Sehingga masyarakat dapat menikmati penerangan jalan saat malam hari meskipun tanpa listrik.

Rangkaian kegiatan bina desa tidak sampai di situ, namun dilanjutkan pada Selasa (8/8) di Aula Kelurahan Manggar berupa pelaksanaan sosialisasi terkait pemanfaatan solar cell untuk penerangan jalan umum dan pelatihanan pemanfaaan teknik digital marketing melalui sosial media, seperti Instagram dan platform ecommerce semisal Shoppee yang dinilai cocok untuk UMKM.

Pelatihan tersrbut dihadiri sekitar 20 pelaku UMKM perwakilan RT 39 serta pihak Kelurahan Manggar sekaligus dirangkai kegiatan serah terima 2 unit lampu penerangan yang telah terpasang. Acara yang dibuka langsung oleh Lurah Manggar, Dedy Prasetia Utama Idris, S.Sos berjalan lancar.

Warga dan pihak kelurahan pun terlihat sangat antusias dengan kegiatan bina desa garapan Poltekba. Pihaknya berharap kegiatan semacam ini bisa berkelanjutan. “Dikarenakan masih ada wilayah-wilayah yang masih memerlukan bantuan teknologi serupa dan siap menerima kolaborasi kegiatan lainnya,” pungkas Maria Ulfah. (die/pms)
sumber : https://www.balpos.com/kombis/1793002542/Poltekba-Gelar-Bina-Desa-di-Manggar